Children of Gaza

Children of Gaza
Gaza cries. They need us.

Minggu, 19 Februari 2012

Sehat dan Hemat buat Anak Kost


Assalamu’alaikum warga perantauan, kalian-kalian yang jauh-jauh ‘numpang’ di kota orang untuk menimba ilmu atau bekerja atau dua-duanya sekaligus...
Ngekost? siapa takut?
Ngekost itu asik dan bisa dijadikan sebagai momen belajar mandiri. Tapi ada sebagian yang berpendapat bahwa masa-masa di kost adalah masa dimana kita tidak terurus karena katanya anak kost itu tidak sehat, jorok, anak kost itu tidak bisa hemat (tidak pintar mengatur uang) hingga sering anak kost itu awal bulan makan enak dan akhir bulan tidak makan. Nah, untuk itu saya mau membagikan beberepa TIPS HEMAT DAN SEHAT buat anak kost. Wanna know? Cekidot!

1. Pilih rumah kos yang bersih dan mendapat sinar matahari
Memilih rumah kos adalah hal pertama yang harus Anda persiapkan. Karena Anda akan tinggal dalam waktu yang lama, maka Anda wajib memilih rumah kos yang sehat.

Pilih rumah kos yang bersih. Lihat bagaimana pemilik kos memperlakukan sampah. Apakah tempatnya bersih dari sampah? Perhatikan juga ventilasi dan jendela kamar! Kamar kos yang sehat adalah kamar yang memiliki ventilasi udara dan jendela yang diterangi matahari.

Mengapa hal itu perlu? Karena Anda perlu mendapat oksigen yang cukup dan udara segar yang mengalir. Kamar yang pengap dan lembab tidak sehat untuk ditinggali dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga Anda akan lebih sehat bila bangun pagi dan menghirup udara segar dan mendapat sinar matahari saat membuka jendela kamar.

2.      Makan Teratur (Ala Hemat, Sehat)
Tidak masalah makan hanya dua kali sehari, yang penting teratur dan tidak sembarang makan. Usahakan 2 jam sekali kita isi ulang perut kita sama makanan (ngga musti makan besar).  Jangan nunggu sampai laper dulu terus baru makan karena dapat menyebabkan proses kerja lambung yang tidak sehat. Be ware of MAAG!
  • Jangan jajan sembarangan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah status makanan (haram/halal), kebersihan tempat dan harganya (hehe).
  • Mie instan boleh-boleh aja asal dicampur dengan nasi atau sayur-sayuran dan jangan lupa langsung minum teh dan air putih yang cukup sehingga pencernaan ternetralisir. Tapi karena boleh makan  mi instant tidak berarti kita bisa menjadikannya sebagai makanan pokok mentang-mentang harganya murah meriah jadi uang makan bisa dialihkan ke uang belanja.
  • Daripada memilih minuman bersoda, pilih yogurt, jus buah alami, teh atau air mineral. Tentunya akan lebih baik jika Anda memilih buah-buahan segar sebagai camilan, rujak buah atau sup buah misalnya.
3. Olahraga
Bila tidak punya uang untuk  melakukan olahraga yang memakan biaya, maka untuk lebih hematnya silahkan olahraga sendiri seperti:
  • Bangun tidur lakukan gerakan-gerakan kecil pada setiap persendian badan secara rutin.
  • Lari pagi dengan mengambil waktu menjelang matahari terbit selama 30 hingga 1 jam. Maka tubuh Anda yang lelah selama seminggu akan kembali segar.
  • Kalau tidak sempat melakukan kedua hal diatas untuk lebih menghemat, jika kostnya masih bisa dijangkau dengan “jalan kaki”. Lebih sehat dan lebih hemat, bukan? 
4. Istirahat
Jangan lupa untuk tetap istirahat Tidur 6 hingga 8 jam setiap hari karena itu sangat diperlukan oleh tubuh kita, jadi istirahatlah dengan baik, misalnya: jangan terlalu sering begadang, jika terpaksa karena tugas usahakan untuk membayarnya diwaktu luang (misal, tidur siang) agar tubuh tetap kuat. Jika Anda merasa tubuh mudah lelah, sering marah-marah dan sering stres hingga sakit kepala, coba selidiki rutinitas tidur Anda dan segera perbaiki sebelum Anda benar-benar ambruk.
 
5. Shopping
Yang satu ini paling sering hilang kendali karena terkadang anak kost lebih memilih untuk shopping atau juga isi pulsa dari pada membeli makanan yang bergizi, oleh kerena itu mulailah untuk manage keuangan . Misalnya: targetkan penggunaan pulsa dalam sebulan hanya Rp.20.000. Kalau ingin membeli sesuatu tetapi kita belum mempunyai cukup uang, maka menabunglah.  Jadi lebih hemat dan lebih teratur.
Semoga bermanfaat ya
 
Source:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar